Kamis, 02 Maret 2017

Resep Seblak Khas Bandung Yang Mantap


Mulsi Food - Siapa yang tidak kenal dengan masakan yang satu ini ? Seblak adalah merupakan kerupuk yang sengaja dibantatkan dan makanan seblak ini sekarang sangatlah populer terutama di daerah di Bandung. Hal ini dikarenakan, dari sanalah makanan ini lahir dan merupakan kuliner yang paling ditemui di pinggir jalan atau di penjual gerobak dorong.

Apabila dilihat dari proses pengolahan dan pembuatannya memang terlihat agak tidak wajar, hal ini dikarenakan kerupuk yang biasanya diolah dengan cara digoreng hingga teksturnya renyah, namun pada masakan ini malah sebaliknya, diolah menjadi bentuk agak seperti menyerupai oseng-oseng atau pasta basah dengan cita rasa yang pedas. Dalam proses pembuatannya, seblak ini tidaklah selalu menggunakan kerupuk sebagai bahan utamanya, namun bisa juga divariasikan dengan menggunakan macaroni basah, ceker ayam, sosis, bakso hingga sayap ayam. Namun pada Resep Membuat Seblak yang akan kami ulas kali ini dengan menggunakan kerupuk sebagai bahan utamanya. Dan berikut ini adalah bahan yang diperlukan untuk membuat seblak serta cara membuatnya.

Bahan Membuat Seblak :
Takaran Bahan
100 gram Kerupuk aci mentah
1 sdt Kaldu bubuk
Secukupnya Air panas
4 sdt Garam
200 ml Air
8 butir Telur ayam
1 sdt Gula pasir
8 sdm Minyak goreng
4 batang Daun bawang, iris halus

Bahan bumbu halus (dihaluskan) :
Takaran Bahan
12 buah Cabai rawit
4 buah Tomat merah
2 cm Kencur
4 buah Cabai keriting
20 siung Bawang putih

Cara Memasak Seblak :
  • Langkah pertama, Rebus kerupuk dengan air panas ke dalam wajan atau panci hingga terlihat lunak. Kemudian angkat kerupuk tersebut dan tiriskan.
  • Langkah kedua, ulek atau blender semua bahan bumbu hingga hancur (halus). Lalu
  • Panaskan minyak ke dalam sebuah wajan penggorengan, kemudian tumis bumbu yang sebelumnya telah dihaluskan tadi, setelah itu aduk sampai merata dan tercium aroma harum
  • Selanjutnya, masukan telur. Lalu aduk sampai telur hancur dan tercampur rata dengan bumbu tadi.
  • Setelah campuran bumbu telah tercium aroma harum, kemudian masukkan kerupuk dan tuangi dengan air. Setelah itu taburi garam beserta kaldu bubuk dan gula. Lalu kemudian tumis semua bahan tersebut hingga meresap ke dalam kerupuk.
  • Terakhir tambahkan dengan irisan daun bawang, Lalu aduk kembali hingga tercampur rata. Setelah itu angkat dan seblak buatan anda siap untuk disajikan.

Berikut adalah ulasan mengenai resep membuat seblak yang dapat kami share pada artikel masakan khas indonesia kali ini. Apabila anda suka dengan resep membuat seblak tersebut dan ingin tahu resep masakan khas indonesia lainnya yang telah kami ulas sebelumnya yang tentu saja tak kalah enaknya.

EmoticonEmoticon

Formulir Kontak